Comments

Pages

Rabu, 12 September 2018

Menjadi Mahasiswa Sejati

Posted by at 21.41 Read our previous post

Oleh : Muhammad Fajar Firdaus

Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah tujuan dari pencapaian semua Mahasiswa Indonesia. Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian menjadi visi utama mahasiswa. Agar tercapainya 3 Visi ini maka mahasiswa seringkali berlomba-lomba untuk mengejar prestasi agar ketiga visi pernah diikuti untuk pengalaman yang takkan terlupakan. 

Pendidikan adalah salah satu Dharma Perguruan Tinggi termudah menuju pencapaian Mahasiswa, menjadi Mahasiswa berprestasi dan Pemimpin Organisasi adalah puncak dari visi Pendidikan. Bagian Tri Dharma ini pernah saya capai melalui Mahasiswa dengan IPK tertinggi Tahun 2017 dan menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ilmu Komputer (HIMPIKOM) FKIP ULM. Pada tahun 2017 menjadi puncak kepemimpinan saya dengan menjadi Ketua Perhimpunan Mahasiswa Teknologi Informasi dan Komputer Kalimantan Selatan (PERMATIKKA).

Penelitian adalah visi yang menjadi ciri khas Mahasiswa Perguruan Tinggi. Skripsi adalah satu-satunya jalan seorang mahasiswa untuk dapat menyelesaikan studinya. Skripsi adalah bagian dari Penelitian, namun Skripsi belumlah cukup disebut sebagai implementasi dari Penelitian. Karena siapapun akan melakukan hal yang serupa. Penelitian dalam Dharma Perguruan Tinggi menurut saya adalah melakukan kajian dengan ilmu yang diperolehnya dari bangku perkuliahan. 



Saya melakukan pencapaian penelitian dengan cara riset bersama kawan-kawan Mahasiswa Pendidikan Ilmu Komputer dengan membentuk Study Interest Group For Open Source (SIG4OS) Tahun 2015 dan menjadi Koordinator Umumnya dan menjabat lagi sebagai koordinator umum Study Interest Group For Networking (SIG4N) Tahun 2016. Belum cukup melakukan riset di bidang Komputer, saya melakukan project dengan kawan-kawan Mahasiswa IT se Kalimantan Selatan membuat Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah di Banjarmasin salah satunya Sekolah tempat saya melakukan penelitian adalah di SMA Santa Maria Banjarmasin. Saat ini dalam menyusun skripsi saya menyempatkan bergabung dengan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat Universitas, Forum Inovasi Mahasiswa (FIM) Organisasi yang berjalan di bidang penelitian.

Pengabdian adalah visi terakhir yang jarang diikuti oleh sebagian Mahasiswa. KKN atau Kuliah Kerja Nyata adalah contoh kegiatan pengabdian yang wajib dilakukan oleh Mahasiswa namun hanya Fakultas tertentu saja yang menerapkan hal ini. Fakultas saya (FKIP) tidak menerapkan KKN, oleh karena itu tidak merasakan pengalaman pengabdian. Untuk mencapai visi ini saya bergabung dengan Pemuda Bakti Banua, sebuah Program dibawah naungan Hasnur Centre yang aktif di bidang Pengabdian Masyarakat. Saat ini saya dipercaya menjadi Ketua Tim Desa Belandean, sebuah desa pedalaman yang berada 45 menit dari Kota Banjarmasin. Desa yang berada di Kecamatan Alalak Barito Kuala ini menjadi puncak pencapaian saya untuk menjadi Mahasiswa Sejati.

Tri Dharma Perguruan Tinggi bukanlah hanya sebuah hafalan yang Wajib diingat Mahasiswa tetapi perlu wujud nyata dari perjuangan Mahasiswa. Karena tiga visi ini saling berkaitan satu sama lain. Menjadi Mahasiswa Sejati bukanlah sebagai Mahasiswa yang lama lulus karena Skripsi yang gak selesai-selesai. Mahasiswa Sejati bukan Mahasiswa yang gila jabatan, berambisi menjadi orang nomor satu di kampus. Mahasiswa Sejati bukan mahasiswa apatis yang hanya memikirkan diri sendiri untuk menjadi Mahasiswa paling berprestasi dengan mengumpulkan banyak sertifikat. 

Mahasiswa Sejati adalah Mahasiswa yang dapat mencapai dan mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

1 komentar:

© Ilmu Fajar is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template