Comments

Pages

Senin, 26 Februari 2018

Kendala Belajar saat PPL II

Posted by at 22.30 Read our previous post



Hari ini saya mengajar mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan di kelas XI TKJ B. Saat saya menuju kelas ternyata mereka berada di sebuah aula besar, dikarenakan terkendala kelas yang masih dalam tahap pembangunan mereka terpaksa sementara belajar di aula.

Permasalahan yang dihadapi adalah ruangan yang besar dan tidak ada fasilitas belajar seperti meja dan kursi, jadi hanya duduk dilantai (lesehan) untuk melakukan pengajaran dan pembelajaran terhadap siswa.


Masalah lain juga menghampiri kelas ini, di dalam aula bukan hanya satu kelas tetapi bisa dua atau tiga kelas yang melakukan pengajaran. Jelas jika guru harus berteriak saat menjelaskan karena ada guru lain yang melakukan pengajaran di dalam aula, itupun jika siswanya lagi diam, kalau kelas lain ribut. Suara si guru gak akan kedengaran.

Itulah yang membuat suara saya hari demi hari tambah serak karena harus bebicara dengan nada tinggi. Namun hari ini saya menggunakan metode pembelajaran berkelompok agar mempermudah pembelajaran.

Siswa diminta membagi kelas menjadi 7 kelompok dan masing-masing kelompok membahas Peralatan Jaringan seperti server, switch, router dan lain sebagainya sesuai dengan buku acuan dari Kemendikbud. Dan setelah itu dipresentasikan didepan kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Ilmu Fajar is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template