Comments

Pages

Senin, 26 Februari 2018

Kesalahan Memanfaatkan Kemajuan Teknologi

Posted by at 22.33 Read our previous post

Seiring berkembangnya teknologi dari zaman saya menjadi siswa SMK sampai saat ini saya praktek mengajar di sekolah, ada pemandangan yang berbeda di dalam kelas. Yaitu pemandangan banyaknya siswa yang menggunakan Smartphone, bisa dikatakan seluruh siswa di XI TKJ mempunyai Handphone Android dan Apple.

Smartphone dulunya hanya dimiliki segelintir orang yang mampu untuk membelinya, saat saya duduk dibangku kelas 11 SMK Telkom TKJ saya memiliki Handphone berbasis Windows Phone yaitu Nokia Lumia 900, pada zaman itu media sosial yang ada hanya Facebook dan Twitter.

Berbeda dengan sekarang ini, media sosial sudah banyak bertebaran dan memiliki kelebihan dan keunggulan yang tidak sama dengan media sosial lainnya. Contohnya saja seperti aplikasi chat seperti Line, WhatsApp, BeeTalk, We Chat dan lain - lain.


Aplikasi tersebut sangat mempermudah siswa untuk bisa sharing materi pelajaran dari satu siswa ke banyak siswa, dari guru keseluruh siswa. Hal tersebut sebenarnya bisa dilakukan pada zaman saya SMk dulu menggunakan media sosial Facebook, namun karena hanya beberapa siswa yang memiliki Smartphone dan beberapa Smartphone pada zamannya masih belum terlalu canggih seperti saat ini maka hal tersebut belum bisa dilakukan dan kurang efektif untuk sharing materi antar siswa.

Namun cara memanfaatkan Smartphone pada zaman ini tidak bisa terelakkan, saat guru memberikan tugas latihan berupa soal essay sebanyak 10 soal, siswa hanya santai - santai menunggu temannya yang mengerjakan tugas tersebut. Setelah siswa yang mengerjakan selesai barulah salah satu siswa lain memfoto hasil pekerjaannya dan menyebarkan melalui grup Line atau grup WA. Kemudian barulah semua siswa menyalin semua jawaban yang ada di foto tersebut di kertas lembar (Lihat Foto).

Menurut anda bagaimana solusi atau tindakan yang harus dilakukan seorang guru dalam menghadapi hal ini? Silahkan berikan pendapat kalian di kolom komentar. Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Ilmu Fajar is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template