Comments

Pages

Senin, 26 Februari 2018

Pengalaman Hari Pertama Praktek Mengajar Di Sekolah (PPL) Part I

Posted by at 22.18 Read our previous post
Mungkin setiap orang merasa mengajar itu mudah, tetapi gak setiap orang mendapatkan pengalaman yang sama untuk mengajar secara "Mudah". Karena semakin sulit tantangan kita untuk membuat siswa menjadi paham apa yang kita ajarkan. Semakin baik pula keahlian kita untuk menjadi guru yang profesional.

Menurut saya Prodi Pendidikan Ilmu Komputer adalah Prodi dengan Praktek Mengajar tersulit yang ada di FKIP. Mengapa? Karena kita tidak dapat memastikan mata pelajaran apa yang bakal kita ajarkan. Contohnya saja Prodi Pendidikan Fisika, pasti ngajarnya mata pelajaran Fisika.. Prodi Pendidikan Matematika, pasti ngajarnya mata pelajaran Matematika, ambil contoh yang lain lagi seperti Prodi Sendratasik, kalau ngajar pasti ngajarin Seni Drama, Seni Tari, atau gak Seni Musik.

Berbeda dengan Pendidikan Ilmu Komputer, kita harus menguasai 3 jurusan sekaligus? Mengapa? Karena kita tidak bisa memastikan kita bakal ditaruh di SMK mana, Pilkom hanya bisa PPL di SMK yang ada jurusan TKJ, MM, dan RPL nya saja, untuk jenjang SD SMP SMA nggak bisa karena tidak ada mata pelajaran komputer nya.

Misalkan aja kita ditaruh di SMK Negeri 4 Banjarmasin, dan ternyata disana hanya ada jurusan RPL. Otomatis kita hanya bisa memilih jurusan itu, karena gak mungkin kita bisa ngajar selain jurusan Komputer seperti jurusan tata boga dan kecantikan.

Seperti saya dapat pilihan PPL di SMK Negeri 2 Banjarmasin, Alhamdulillah terdapat 3 jurusan komplit yaitu TKJ, MM, dan RPL. Dan Alhamdulillah lagi ditunjuk di jurusan TKJ, jurusan yang memang pernah saya alami saat duduk di bangku SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru. Coba aja ditunjuk ngajar di Multimedia pasti sekarang sudah stres berat karena buta desain alias nggak bisa desain sama sekali.

Apakah kita bisa milih jurusan saat PPL? Jawabannya bisa! Kita bisa diskusi sama Guru Pamong (*Guru pamong adalah guru yang membimbing kita saat melaksanakan PPL di sekolah) agar kita mengajar di jurusan yang kita kuasai, namun keputusan tetap pada guru pamong. Kalau kata guru pamong kita hanya bisa ngajar di jurusan ini, ya itu jurusan yang bakal kita pilih.

Selanjutnya apakah kesulitan kita berakhir? Jawabannya nggak.. karena di jurusan TKJ terdapat puluhan Mata pelajaran keahlian  yang dapat kita ajarkan saat PPL.

Oh misalkan aja lagi nih.. kita kebetulan memang menguasai jurusan TKJ yekan :) terus kita mau milih suatu mata pelajaran yang kita sukai.. terus kita mau milih pelajaran itu.. bisa aja sih kalau kebetulan untuk kedua kalinya hahaha.. :D

Tapi tunggu dulu itu tergantung lagi dengan guru Pamong. Misalkan guru tersebut cuman ngajar 2 mata pelajaran seperti Rancang Bangun Jaringan dan Administrasi Server, terus dari dua itu kita gak bisa.. ya gak bisa nolak.. mau gak mau kita harus ngajar mata pelajaran itu.

Kalau pengalaman saya kemaren ditunjuk nya mengajar di mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan, untuk kedua kalinya saya merasa senang karena itu adalah mata pelajaran yang saya sukai dulu saat menginjak bangku kelas 11 SMK Telkom. Karena mata pelajaran itu mengenai bagaimana kita membangun sebuah jaringan menggunakan Software Cisco Packet Tracer. Paling suka dah karena sampai subnetting router sudah bisa, meskipun sudah lupa masih bisa mengulang mempelajari.

Tapi ternyata oh ternyata mata pelajaran tersebut gak pake Packet Tracer lagi karena pembaharuan kurikulum hahaha.. dan sekarang sudah fokus mempelajari Mikrotik :v kaget luar biasa saya :v Mikrotik lagi... Mikrotik lagi... Ternyata bapak pamongnya milih saya ngajar mata pelajaran ini karena telah lulus sertifikat MTCNA Mikrotik :') emang sih sudah lulus Pak, tapi itu kan yang lulus versi soal bukan prakteknya :') itu juga kebetulan kemaren bisa dapat nilai 72. Mungkin karena keberuntungan milih jawabannya benar semua hahaha..

Itulah susahnya PPL Pendidikan Ilmu Komputer, coba aja kalian saat gak dapat keberuntungan, misalkan sekolahnya sudah jauh, disuruh ngajar jurusan RPL, mata pelajarannya Pemrograman Berorientasi Objek dan materinya Pemrograman Java lagi hahaha kelar hidup loe! :)

Ya itulah cerita hari pertama PPL di sekolah saya, selanjutnya bakal menceritakan kisah pengalaman mengajar pertama yang memalukan hahaha... Tunggu cerita berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Ilmu Fajar is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template