Comments

Pages

Senin, 26 Februari 2018

Pengalaman Pertama Mengajar Di Sekolah Part II

Posted by at 22.21 Read our previous post


Setiap orang yang pernah jadi guru atau dosen pasti pernah mengalami yang namanya 'Mengajar Pertama' di sebuah kelas yang isinya siswa - siswi atau peserta didik.

Pastinya sebelum melakukan 'Pengajaran Pertama' harus menyiapkan diri terlebih dahulu, entah itu dari penguasaan materi, RPP, dan pastinya mental si guru tersebut. Berikut saya ceritakan bagaimana pengalaman pertama mengajar di sekolah namun cerita ini termasuk tidak biasa karena tidak mempunyai kesiapan sama sekali saat mengajar.

Pelaksanan PPL yang saya ikuti di SMK Negeri 2 Banjarmasin ini dipaparkan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum bahwa PPL akan dimulai pada Minggu depan, ya tepatnya tanggal 18 September 2017. Sedangkan satu Minggu sebelumnya adalah waktu untuk persiapan pelaksanaan PPL. Persiapannya seperti membuat RPP, mempersiapkan mental dan yang terpenting adalah penguasaan materi.

Singkat cerita pada hari Kamis Minggu lalu saya diminta oleh guru pamong untuk masuk ke kelas XI TKJ A, menemani beliau melakukan pengejaran mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan tentang Konfigurasi Mikrotik RB941 agar mendapatkan IP Gateway dari server.

Dengan perasaan senang saya mengikuti beliau masuk ke kelas, karena hal ini lah yang akan menjadi panutan saya nanti saat saya menjadi gurunya. Mula-mula beliau membuka pelajaran dan meminta siswa untuk melakukan koneksi antara laptop yang dipunyai dengan alat Mikrotik RB941 yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Saya memperhatikan dari samping, duduk dibagian sudut kelas bersama teman saya Kristian Fery Fermanto.

Setelah beberapa saat beliau keluar kelas dan kemudian masuk lagi dengan keadaan tergesa-gesa. Dengan lantang beliau berucap "Fajar mengajarlah, bapak ada hauran handak ke Kapuas.. setting Mikrotik nya sampai gateway". Seketika degupan jantung berdetak keras setelah mendengar kalau saya harus mengajar kelas ini 😱😱.

Mau tidak mau saya harus mengajar dan melanjutkan apa yang sudah dikerjakan guru pamong. Saat semua mata siswa menatap mata saya itu tidak membuat saya gugup atau gemetar karena sudah terbiasa saat menghadapi keadaan seperti ini misalkan saat memimpin rapat HIMPIKOM atau memimpin rapat PERMATIKKA. Saat berbicara pun tidak gagap lagi karena sudah  terbiasa. Dan inilah hasil pembelajaran berorganisasi, memang perlu bagi semua Mahasiswa yang akan menjadi calon guru.

Namun yang membuat baju saya tiba-tiba basah, kaki berasa tak berjajak ditanah dan badan merasa melayang adalah "Saya Tak Menguasai Materi" 😨😨😨 ya memang saat kemaren mengikuti training Mikrotik ada dipaparkan konfigurasi Mikrotik namun yang jadi masalah adalah itu Konfigurasi sebagai Client, sedangkan konfigurasi saya sebagai guru adalah konfigurasi sebagai server.

Saya coba mendemokan apa yang pernah saya lakukan dan semampunya kepada siswa-siswi, setiap kali siswa bertanya dan memberitahukan terjadi error.. saya gugup, takut tak bisa memecahkan permasalahannya. Dan terbukti saya memang tidak dapat membenarkannya. Rasa Malu menghampiri, melihat siswa menatap kosong akan kebingungan yang didapat.

Hal Memalukan ini tak kunjung selesai, saat siswa-siswi tak kunjung mendapatkan IP dari server, bagaimana bisa mendapatkan IP kalau saya tidak dapat mengkonfigurasi server, sedangkan saya setting sebagai Client. Jelas! Gak bisa terhubung :'(

Tanpa pikir panjang saya hanya bisa berdiam diri sekitar 30 menitan sambil searching di google berupaya mencari solusi. Tak banyak yang dapat dilakukan, hanya menunggu dan menunggu. Alhamdulillah saat memasuki jam Ke-3 Mati Lampu menyerang SMKN 2 Banjarmasin kejadian Mati Listrik ini mengakhiri kejadian Memalukan yang saya alami.

Hal yang dapat diambil adalah persiapkan dirimu kapanpun! entah itu Minggu persiapan atau mengikuti pelajaran disekolah karena semua orang akan menganggap kita Bisa! Dan menguasai materi saat terjun ke sekolah.

Inilah pengalaman mengajar pertama saya meskipun belum bisa dikatakan mengajar 😁😁 karena dadakan. Guru disekolah saya pun bercerita bahwa saat mengajar pertama kali berasa gak bernyawa dan sampai terbawa mimpi! Bagaimana cerita pengalaman mengajar pertama kalian?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Ilmu Fajar is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template